Pendidikan Karakter Generasi Berkualitas Berlandaskan Tri Hita Karana

Main Article Content

Ni Luh Purnamasuari Prapnuwanti

Abstract

Menjalin hubungan yang baik dalam segala elemen yang ada dalam kehidupan perlu sebuah pendidikan karakter. Pendidikan karakter akan mengantarkan pada generasi yang berkualitas. Menjalin sebuah hubungan tidak terlepas dengan Tri Hita Karana. Hubungan yang baik dan selaran antara Parhyangan (Tuhan Yang Maha ESa), Pawongan (sesama manusia) dan Palemahan (lingkungan sekitar). Generasi muda harus menguasai karakter dan keterampilan yang inovasi dalam berkomunikasi, beradaptasi, memiliki keterampilan secara mandiri, sosial, berbudaya dan pemahaman kepemimpinan dalam dirinya. Karakter ini menekankan pada tingkah laku yang baik dan tidak baik terhadap menjalin hubunga dengan tiga komponen tersebut (Tri Hita Karana). Sehingga pada kesempatan ini peneliti lebih menekankan pada (1) Pendidikan Karakter, (2) Generasi Muda Berkualitas dan (3) Karakter berlandaskan Tri Hita Karana.

Article Details

How to Cite
Ni Luh Purnamasuari Prapnuwanti. (2021). Pendidikan Karakter Generasi Berkualitas Berlandaskan Tri Hita Karana. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 114-121. Retrieved from http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/217
Section
Articles

References

Abdilah, Taufik. 2010. Pemuda dan Perubahan Sosial. Jakarta: Jalan Sutra.
Atmaja, I Made Nada., dkk. 2010. Etika Hindu. Surabaya: Paramita.
Budiati, Indah., dkk. 2018. Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Daryanto & Suryatri Darmiatun. 2013. Implementasi Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Donder, I Ketut. 2007. Acaya Sista: Guru dan dosen yang bijaksana perspektif Hindu. Surabaya: Paramita.
Mustoip, Sofyan., dkk. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing.
Nur, Mohamad. 2016. Strategi Pembelajaran Kreatif berbasis Sains Membangun Kreativitas Ilmiah dan Tanggung Jawab Generasi Emas Indonesia. Surabaya: Unesa University Press.
Parmajaya, I Putu Gede., dan Kadek Bayu Indrayasa. 2019. Membangun Pendidikan Moral dan Karakter melalui Penanaman Ideologi Tri Hita Karana. Singaraja: Dharma Sastra.
Putera, I. D. G. W., & Supartha, W. G. (2014). Penerapan Konsep Tri Hita Karana dalam Hubungannya dengan Budaya Organisasi di Rektorat UNUD (Doctoral dissertation, Udayana University).
Sandika, I Ketut. 2011. Pendidikan menurut Veda. Denpasar: Pustaka Bali Post.
Wiana, I Ketut. 2013. Pokok-pokok Ajaran Hindu. Surabaya: Paramita.
Windia, W. 2005. “Tri Hita Karana dan Pariwisata Berkelanjutan”, dalam Buku Panduan Tri Hita Karana Awards and Accreditation tahun 2005, Green Paradise, Denpasar.
Wiradmaja, G.K. Adia. 1995. Kepemimpinan Hindu. Denpasar: Yayasan Dharma Naradha.
Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.