Penerapan Model Pembelajaran Mini Trekking Competition (MTC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Pada Siswa Kelas III SDN 4 Sumberkima Tahun Pelajaran 2022/2023

Main Article Content

Ni Wayan Nensi Budiastrini

Abstract

This Class Action Research aims to: (1) determine the improvement in learning outcomes of class III students at SDN 4 Sumberkima by implementing the mini trekking competition game. The subjects of this research were 18 class III students at SDN 4 Sumberkima, Buleleng District. Data collection was carried out using the test method. This research took place over two cycles with each cycle consisting of four stages, namely: planning, implementation, evaluation and reflection. The results obtained through this research are: (1) average value of student learning outcomes (M) = 69.63, learning completeness (KB) = 56.67% and absorption capacity (SD) = 56.67%, (2) value average student learning outcomes (M) = 74.83, learning completeness (KB) = 66.67% and absorption capacity (SD) = 66.67%, (3) average student learning outcomes reached (M) = 79.67, completeness learning (KB) = 83.33% and absorption capacity (SD) = 83.33%. Based on these results, it can be concluded that student learning outcomes have increased after implementing the mini trekking competition (MTC) game.

Article Details

How to Cite
Ni Wayan Nensi Budiastrini. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Mini Trekking Competition (MTC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Pada Siswa Kelas III SDN 4 Sumberkima Tahun Pelajaran 2022/2023. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 1-6. Retrieved from http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/459
Section
Articles

References

Arbawa, Nyoman. 2000. Penerapan Media Belajar Model dan Grafis dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam Meningkatkan Keaktifan dan hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 3 Bulian Kecamatan Kubutambahan Tahun Ajaran 1999/2000. Skripsi tidak diterbitkan.
Depdikbud.1994. Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP Bahasa Indonesia – SLTP: Jakarta:Depdikbud
Furganal, dkk. 1995. Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosda Karya
Firmanawaty. 2003. Penerapan Permainan Menggunakan Aturan Efektif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kleas IV Semester I SDN Kawengen 02 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2011 – 2012. Skripsi (tidak diterbitkan)
Haris, Abdul. 2007. Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas V SDN 1 Banjar Tegal Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan)
Margono. 1996. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rieneka Cipta
Nurkancana, Wayan,dkk.1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional
Permendiknas No. 41 Tahun 2007. Standar Proses. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Papalia. 2001. Perkembangan Manusia. Jakarta : Salemba Empat
Sudiarta. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar No.4 Banyuning dalam Pembelajaran Dharma Gita Tahun Ajaran 2007/2008. Peneltian tidak di Terbitkan.
Sudiarja, I Gede. 2003. Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar matematika melalui Belajar Kelompok pada siswa kelas VI SDN 7 Kubutambahan Tahun Pelajaraan 2003/2004. Skripsi (tidak diterbitkan)
Subagyo, Joko. 1996. Metode Penelitian. Jakarta : Bhineka Cipta.
Redana, Made. 2006. Panduan Praktis Penulisan Karya Ilmiah dan Proposal Riset. Institut Hindu Dharma Negeri Denpas