PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING DENGAN PENGUATAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PERMATA KECUBUNG TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023

Main Article Content

Made Saputra

Abstract

Penelitian ini terfokus pada buruknya prestasi akademik dan monotonnya pembelajaran pada siswa kelas X yang beragama Hindu. Oleh karena itu, perlu dicari solusi untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi akademik siswa kelas X yang beragama Hindu dengan menerapkan teknik kelompok metode lempar bola salju. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus kursus terdiri dari dua sesi yang diadakan di SMK Negeri 1 Permata Kecubung dengan total peserta 9 siswa. Dokumentasi aktivitas belajar siswa, instrumen observasi, dan tes digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif.


Penerapan metode lempar bola salju meningkatkan motivasi belajar dan prestasi akademik siswa kelas X SMK Negri 1 Permata Kekbung Baru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu. Apabila diamati aktivitas belajar siswa pada refleksi pertama (pretest) diperoleh nilai rata-rata sebesar 8,89 yang termasuk dalam kategori kurang aktif. Pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 10,03 dan tergolong aktif, sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 11,06 dan tergolong aktif. Hal ini menunjukkan aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 12,81% dari refleksi I (pretest) ke Siklus I dan sebesar 10,25% dari Siklus I ke Siklus II. Penerapan metode lempar bola salju dapat meningkatkan prestasi akademik Pendidikan Agama Hindu di Kelas X SMK Negeri 1 Permata Kecubung. Hal ini terlihat dari hasil penilaian reflektif (pretest) I, Siklus I dan Siklus II. Hasil penilaian reflektif awal (pretest) menunjukkan bahwa siswa kelas X SMK Negeri 1 Permata Kecubung memperoleh rata-rata poin sebesar 62,78. Hasil evaluasi siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas Pendidikan Agama Hindu sebesar 75,28 poin. Dengan demikian, terjadi peningkatan sebesar 9,27% dari rata-rata periode pertama ke rata-rata periode kedua.

Article Details

How to Cite
Made Saputra. (2023). PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING DENGAN PENGUATAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PERMATA KECUBUNG TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1-7. Retrieved from http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/339
Section
Articles

References

Ma’arif, Samsul. Pembelajaran Snowball Throwing. http://rhum4hnd3soq. blogspot.com/2010/10/contoh-model-pembelajaran/snowball/html.
Arnaya. 2008. Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing untuk meninggkatkan aktivitas dan prestaasi belajar Pendidikan Agama Hindu siswa kelas X SMA/SMK No. 5 Kampung Baru tahun ajaran 2008/2009. Skripsi tidak diterbitkan. Singaraja: STKIP-AH Singaraja.
Dasim, dkk. 2008. PAKEM. Bandung: Ganesindo.
Djamarah, dkk. 2002. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif.
Djojosuroto, Kinyati. 2004. Prinsip-prinsip Dasar Penelitian Bahasa dan Sastra. Bandung: Nuansa.
Dwija, I Wayan. 2006. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Amlapura: STKIP Agama Hindu Amlapura.
Dwija, I Wayan. 2018. Petunjuk Penyusunan Karya Ilmiah. Amlapura: STKIP Agama Hindu Amlapura.
Farhan. Model Pembelajaran Kooperatif. www.farhan-bjm.web.id/2018/09/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html.
Kiranawati. Metode Snowball Throwing.www.grupkn.wordpress.com/2007/11/19/Snowball Throwing.
Moedjiono dan Dimyanti. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Reneka Cipta.
Moleong. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Nanang. 1994. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 1983. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Nurkancana dan Sunartana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.