Penerapan Metode Demontrasi dengan Bantuan Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas IV Semester I Sekolah Dasar Negeri 6 Tianyar Barat Tahun Pelajaran 2022/2023

Main Article Content

I Ketut Supadana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh buruknya prestasi akademik siswa Kelas IV Kelas 6 SD Negeri Tianyar Barat. Dari 21 siswa kelas 4 SD Negeri 6 Tianyar Barat, hanya sembilan siswa yang tuntas atau memenuhi standar kinerja minimal (KKM) sekolah, sedangkan 12 siswa dinyatakan tidak tuntas. KKM sekolah adalah 75. Berdasarkan data tersebut, tingkat penyelesaian klasik mata kuliah ini hanya 33,33%. Penyebab rendahnya prestasi akademik siswa adalah karena cara mengajar guru yang masih monoton, sehingga siswa kelas IV SD Tianyasi melakukan penelitian terhadap prestasi akademik pendidikan agama Hindu dan pembelajaran Pakti Budha melalui ceramah. Cara ini dibantu dengan media gambar. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan terhadap 21 siswa kelas IV SD Xitianya SMP No 6. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar, dan analisis dilakukan untuk memperoleh rata-rata prestasi akademik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode presentasi visual dapat meningkatkan prestasi akademik siswa kelas 4 SD Negeri 6 Tianyar Barat dan trennya semakin meningkat. Rata-rata skor pada periode pertama mencapai 70 poin, dan rata-rata skor pada periode kedua mencapai 80,42 poin. Artinya meannya meningkat sebesar 10,42 dari periode pertama ke periode kedua. Kemudian, tingkat penyerapan siswa pada siklus I sebesar 70%, dan tingkat penyerapan siswa pada siklus II sebesar 80,42%. Berdasarkan data tersebut terjadi peningkatan sebesar 10,42% antara siklus I dan siklus II. Terakhir, tentang integritas klasikal siswa. Pada siklus I, 12 siswa tuntas dan 9 siswa tidak tuntas. Selain itu, pada siklus kedua, semua siswa tuntas. Berdasarkan data tersebut, integritas klasikal siswa meningkat sebesar 41,67% antara siklus satu dan dua. Oleh karena itu, pihak sekolah, guru dan siswa pendidikan agama Hindu dan Budi Pakerti disarankan untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Selain itu, diharapkan bagi peneliti lain juga dapat melakukan penelitian serupa tentang pendidikan agama Hindu pada mata pelajaran yang berbeda karena penelitian ini dibatasi pada siswa kelas IV SD Negeri 6 Tianya Barat.

Article Details

How to Cite
I Ketut Supadana. (2023). Penerapan Metode Demontrasi dengan Bantuan Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas IV Semester I Sekolah Dasar Negeri 6 Tianyar Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 43-53. Retrieved from http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/347
Section
Articles

References

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas RI.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.


Hamalik, Oemar. 2005. Metoda Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

-------. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Parisada Hindu dharma Pusat. 1985. Upadesa tentang Ajaran Agama Hindu. Pemda, Tk. I Bali.

Pudja, Gede. 1985. Pengantar Agama Hindu. Jakarta: Balai Pustaka.

Rideng, dkk. 2001. “Penelitian Tindakan Kelas: Konsep Dasar dan Prosedur Pelaksanaan”. Makalah Disajikan dalam Seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Bedah Buku Biosis. Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SLTP Kabupaten Karangasem. SLTP Negeri 5 Amlapura 10 Mei 2001.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suarbawa.2001. Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Bebandem Kabupaten Karangasem. Amlapura: STKIP.

Sudjana dan Ahmad Rivai. 1991. Media Pengajaran. Bandung:Sinar Baru.

Sudjana.2004. Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Tim Penyusun. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Titib, M. 2006. Ketuhanan dalam Weda. Denpasar: Dharma Jati.

Udin S dan Tita Rosita. 1995. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Wardani. 2003. Materi Pokok Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wendra, I Wayan. 2009. Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Undiksha.

Wulandari, Gusti Ayu Putu Trisna. 2007. Penerapan Teknik Tanya Jawab untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Gerokgak.Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan PBSID, FBS, Undiksha.

Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara