MEWUJUDKAN HIDUP HARMONI DILANDASI DENGAN AJARAN DHARMA

Main Article Content

I Kade Budiarsa

Abstract

Kehidupan manusia memegang peranan penting dalam upaya menjaga kehidupan yang harmonis. Manusia merupakan makhluk yang mempunyai akal budi yang memungkinkannya berpikir lebih dari makhluk lain yang diciptakan Tuhan. Manusia sebagai makhluk sosial dan sebagai makhluk individu. Setiap penduduk negeri ini tentu mengharapkan kehidupan yang aman, tenteram, dan sejahtera. Dengan adanya ajaran dharma perilaku untuk menguatkan keimanan atau sraddha kita dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa lebih kuat lagi sehingga dapat tercapai kehidupan yang harmonis.


Kesejahteraan dan kebahagiaan akan tercapai bila ada persatuan, kemasyarakatan, kekompakan seluruh lapisan masyarakat dan pemuka agama, mengedepankan kepentingan umum dan saling menghormati. Namun saat ini telah terjadi perubahan nilai-nilai dalam kehidupan sosial di masyarakat. Perubahan ini terjadi akibat rendahnya kesadaran masyarakat akan nilai-nilai baru yang lama kelamaan dianggap positif. Meskipun telah terjadi perubahan nilai-nilai dalam kehidupan sosial di masyarakat, namun bukan berarti semua nilai-nilai baru yang muncul saat ini bersifat negatif. Demikian pula tidak semua nilai-nilai tradisional lama bersifat negatif, namun banyak juga nilai-nilai positif yang perlu didukung dan dilindungi dengan mengikuti ajaran Dharma.


Kecenderungan saat ini adalah mengejar materi sebanyak-banyaknya dan memperoleh kesenangan sebanyak-banyaknya, sehingga mengarah pada pandangan materialistis. Pandangan ini terutama muncul di kalangan generasi muda dan remaja. Perbedaan pendapat harus dijelaskan dengan ajaran dharma.

Article Details

How to Cite
I Kade Budiarsa. (2023). MEWUJUDKAN HIDUP HARMONI DILANDASI DENGAN AJARAN DHARMA. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 151-160. Retrieved from http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/371
Section
Articles