MENANAMKAN NILAI SRADDHA BHAKTI DENGAN METODE BERMAIN PERAN TOKOH AGAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU SMP NEGERI 4 BANAMA TINGANG

Main Article Content

Guruh

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX semester I tahun pelajaran 2021/2022 di SMP Negeri 4 Banama Tingang. Penelitian ini dilakukan terhadap 7 subjek penelitian. Cara melakukannya adalah dengan menambahkan gaya belajar konvensional lama kedalam metode pembelajaran baru yaitu menggunakan metode bermain peran tokoh. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk mengumpulkan data hasil penelitian digunakan tes prestasi belajar dan untuk menganalisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakukan terjadi peningkatan dari data awal dengan rata-rata 71,42 dengan ketuntasan belajar 28,57%, pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 79,08 dengan ketuntasan belajar 71,42% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 83,54 dengan ketuntasan belajar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan soal berstrategi (pertanyaan yang diajukan sendiri oleh siswa) dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu.

Article Details

How to Cite
Guruh. (2023). MENANAMKAN NILAI SRADDHA BHAKTI DENGAN METODE BERMAIN PERAN TOKOH AGAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU SMP NEGERI 4 BANAMA TINGANG. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 181-191. Retrieved from http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/374
Section
Articles

References

Abdul. 2009 http://www.scribd.com/doc/ 9037208/
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Azwar, Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas, 2009. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Mata Pelajaran Agama Hindu. BSNP. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Mandikdasmen Direktorat Pembinaan TK Dan SD. Jakarta.
http://bukunnq.wordpress.com/nilai-nilai-keimanan-dan-sosial-dalam-kehidupan-pribadi-keluarga-dan-teman-sebaya-baik-dalam-lingkungan-sekolah-maupun-masyarakat/http://www.parisada.org/index.php?option=com_content&task=vie w&id=797&Itemid=81.
Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Press.