Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja

Main Article Content

Nyoman Dantes
Ni Nyoman Lisna Handayani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi pada siswa kelas V SD di kota Singaraja melalui model pembelajaran Blanded Learning. Populasi penelitian ini adalalah seluruh siswa SD Kelas V yang berada di Kota Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan posttest contol group design. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes literasi sekolah dan tes numerasi. Data dianalisis menggunakan uji statistik MANOVA dan dilanjutkan dengan uji efektifitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat peningkatan literasi sekolah siswa kelas V SD di Kota Singaraja dengan diimplementasikannya model blanded learning (F = 45,543 dengan p < 0,05). Kedua, terdapat peningkatan literasi numerasi siswa Kelas V SD di Kota Singaraja dengan diimplementasikannya model Blanded Learning (F= 3, 429 dengan p<0,05). Ketiga, terdapat peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi secara simultan pada siswa kelas V SD di Kota Singaraja dengan diimplementasikannya model blanded learning (F= 24.045 dengan p<0,05).

Article Details

How to Cite
Nyoman Dantes, & Lisna Handayani, N. N. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269-283. Retrieved from https://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121
Section
Articles

References

Buku
Banu Prasetyo, U. T. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. Prosiding SEMATEKSOS 3 "Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0" , 22-27.
Dantes, Nyoman. (2012). Metode Penelitian. Jogyakarta: Andi Ofset.
Erma Susanti, M. S. (2008). Rancang Bangun Aplikasi E-Learning. Jurnal Teknologi, 5357.
Gilster, P. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley.
Gina Bukhardt, M. M. (2003). enGauge 21st Century Skills: Literacy in the digital age. Los Angeles: North Central Regional Educational Laboratory and the Metiri Group.
Hartati, T. (2016). Multimedia in literacy developmentat remote elementary schools in west java. Edutech, 301-310.
Kasali, R. (2018). Disruption “Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi Motivasi Saja Tidak Cukup” Menghadapi Lawan-Lawan Tak Kelihatan dalam Peradaban Uber. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rusman, D. K. (2014). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Jurnal
Bawden, D. (2001). Information and Digital Literacies: A Review of Concepts. Journal of Documentation, 1-29.
Christiane Schroeter, L. M. (2015). The Impact of Guided vs. Self-directed Instruction on Students' Information Literacy skills. Journal for Advancement of Marketing Education, 1-10.
Hasan Subekti, H. S. (2017). Patrap Triloka Ethno-Pedagogy With Research-Based Learning Settings to Develop Capability of Pre-Service Science Teachers: Literature Review. 1st International Conference on Matematichs, Science, and Education (ICoMSE 2017). Malang: Atlantis Press
Hassugian, J. (2008). Urgensi Literasi informasi dalam kurikulum berbasis kompetensi di perguruan tinggi. Pustaha: jurnal studi perpustakaan dan Informasi, 34-44.
Indah Kurnianingsih, N. E. (2017). Prototipe Literasi Informasi Berbasis Web sebagai Upaya Peningkatan Kemampaun Literasi di MAN Insan Cendikia. Edulib, 13-23.
Indah Kurnianingsih, R. R. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 61-76.
Mintasih, D. (2018). Mengembangkan literasi informasi pendidikan berbasis Web dalam pembelajaran berbasis kehidupan. Elementary: Islamic Teacher Journal, 271290.
Piliang, Y. A. (2012). Masyarakat Informasi dan Digital: Teknologi Informasi dan Perubahan Sosial. Jurnal Sosioteknologi, 143-156.
Tri Darmayanti, M. Y. (2007). E-Learning pada Pendidikan jaraj jauh: Konsep yang mengubah metode pembelajaran di Perguruan tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 99-113.
Xiaorong Shao, G. P. (2016). Effects of Information Literacy Skills on Students Writing and Course. The Journal of Academic Librarianship, 670-678.