Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Kartu Refleksi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Siswa Kelas Viii D Smp Negeri 3 Abang

Main Article Content

I Ketut Edi Arianta

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian dengan model Kooperatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif, model siklus penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yang mana setiap siklus terdiri atas menyusun rencana tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII D dengan Jumlah 32 Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti dilakukan observasi pada Siklus I mencapai 62,5% dengan nilai rata-rata 72,5, namun dilihat dari ketuntasan masih jauh dari harapan, terdapat 20 orang dari 32 siswa yang tuntas. Dengan model pembelajaran Kooperatif berbantuan kartu refleksi terhadap hasil belajar siswa pada Siklus II dapat diketahui bahwa seluruh siswa telah mencapai target yang telah ditentukan dengan rerata 81,00  daya serap 81% dan ketuntasan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil refleksi dari Siklus I hingga akhir siklus II, telah dihasilkan peningkatan yang sangat signifikan dari  hasil belajar siswa hampir semua melampaui KKM yang ditetapkan yaitu 72, dengan demikian penelitian ini diselesaikan pada akhir siklus II.

Article Details

How to Cite
I Ketut Edi Arianta. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Kartu Refleksi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Siswa Kelas Viii D Smp Negeri 3 Abang. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 14-24. Retrieved from https://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/177
Section
Articles

References

Dantes, Nyoman. 2009. Pengembangan Kompetensi profesional guru (disampaikan pada seminar pendidikan di SD santo yoseph 1 denpasar Pada tanggal 25 juli 2009).Program Pascasarjana UNDIKSHA Singaraja. (makalah seminar tidak diterbitkan)
Dantes, Nyoman. Metode Penelitian.2012. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Darmayasa, Jero Budi. 2011. Pengembangan Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Berdasarkan Konteks Tri Kaya Parisudha Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII D Smp Negeri 6 Singaraja. Jurnal Ilmiah LAMPUYANG Vol. 2 No.2
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Permendiknas R.I. Nomor 41 tahun 2007. Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. 2007.
Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alphabeta.
Sadia W. 2008. Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Persepsi Guru) Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol (41) No.2 . Hal. 219 – 237.
Salaim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma penelitian Sosial edisi kedua. Yogyakarta:Tiara Wacana.
Sanjaya, wina. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran (Teori praktek pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan). Jakarta : Kencana prenada media grup.
Sanjaya, wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta : Kencana prenada media grup.
Sudirman, 2013. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Melalui Penggunaan Model Kooperatif Berbantuan Teknik Kwl (Studi Pembelajaran Di Sekolah Dasar). Jurnal Ilmiah Lampuyang. Vol 4 No. Juli 2013.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Suwarsih, Madya. 1994. Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Rineka Cipta.