PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED-HEAD-TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU SISWA KELAS III SD NEGERI 3 BAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Main Article Content

Komang Sumarni

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa siswa kelas tiga SD Negri 3 Ban kurang menyukai pembelajaran agama Hindu dan masih menganggapnya sebagai mata pelajaran yang sulit dan abstrak. Selain itu, guru tidak menerapkan praktik pembelajaran yang meningkatkan hasil siswa. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa kelas Hindu SD Negri 3 Ban III dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor. Penelitian ini merupakan penelitian aktivitas kelas yang dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2021/2022, dengan subjek penelitian sebanyak 28 siswa, dan dilaksanakan dalam dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja siswa dalam pembelajaran agama Hindu. Prestasi diukur dengan menggunakan tes prestasi yang diberikan pada setiap akhir siklus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata kemampuan akademik siswa pada periode pertama sebesar 75,7 poin, namun pada periode kedua sebesar 88,3 poin atau meningkat sebesar 24%. Tingkat penyelesaian tradisional untuk siklus pertama adalah 64,3%, meningkat menjadi 100% pada siklus kedua. Ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered-Head-Together meningkatkan kinerja pembelajaran agama Hindu siswa SD Negri 3 Ban.

Article Details

How to Cite
Komang Sumarni. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED-HEAD-TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU SISWA KELAS III SD NEGERI 3 BAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16-35. Retrieved from https://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/343
Section
Articles

References

Ardana, I M. 2000. Pengembangan Pembelajaran Kooperatif “TAI” Berwawasan Konstruktivis sebagai upaya Penyesuaian Strategi Pembelajaran dengan Kemampuan Siswa yang beragam di SLTP N 1 Singaraja. Hasil penelitian (tidak diterbitkan). STKIP Singaraja.
Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI. No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Biro Hukum dan Organisasi.
Dimyanti, et.al. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djmarah, Syaiful B. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: PT. Usaha Offset Printing
Hudoyo, H. 1998. Pembelajaran Matematika Menurut Pandangan Konstruktivistik. Makalah disajikan dalam seminar nasional upaya-upaya meningkatkan peran pendidikan matematika dalam menghadapi era globalisasi IKIP Malang, 4 April 1998.
Ibrahim, 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-University Press.
Mahaputri, P. 2003. Implementasi Pendekatan Struktural Tipe Numbered-Head-Together Dalam Pembelajaran Kalor Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IIFSLTP 1 Sukasada Tahun Ajaran 2003/2004. Skripsi (tidak diterbitkan).IKIP Negeri Singaraja.
Mandayuh. 2005. Kurikulum Pendidikan Agama Hindu sebuah Kritik. Denpasar: Warta Hindu Dharma No. 466 November 2005
Nasution. 2005. Azas-Azas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Ratumanan, T. G. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Estándar Proses Pendidikan. Bandung: Prenada Media Group.
Santyasa, I W. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Tersedia pada http://www.freewebs.com/santyasa/pdf2/Model_Model_Pembelajaran.pdf. (diakses tanggal 14 Juli 2016)
Sardiman. A.M, 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persana.
Sri Naya Udani, K. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered-Head-Together (NHT) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 2 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika. UNDIKSHA Singaraja
Suherman, E, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: JICA.